Rabu, 23 Mei 2012

Urgensi EPISENTRUM

Katanya Episentrum wajib kak?? Kalo ga ikut gmn!? 

Hmmm.. Episentrum..
Apa sih Episentrum? Penting?

Sebelum lebih jauh tersesat, gw pengen dikit cerita. Pengalaman yang (mungkin) juga dirasakan oleh beberapa mahasiswa terkait tahun pertama. Yup, tahun pertama jadi mahasiswa. Keliatan keren "MAHA-siswa", apalagi jurusannya "Teknik Telekomunikasi". Tapi sebenernya pas itu gw masih bingung, terutama masalah jurusan. Apa sih bedannya jurusan gw sm jurusan lain, soalnya kuliahnya sama, sama-sama kalkulus, fisika, matdis, probstat, praktikumnya juga sama fisika dasar. 


Okelah kalo sama TI/ IF kasat mata gw nangkep bedanya. Tapi antara TT/TE/SK yg satu fakultas, gw emang masih belum tau tuh, yang gw paham, anak SK kerjaannya ngoprek-oprek komputer, anak TE ngoprek-oprek  elektronika, anak TT ngoprek-oprek  telekomunikasi, tapi telekomunikasi yang kaya gimana. 

Terus kalo ditanya cita-cita, walau dulu waktu masih bocah cita2 gw jadi masinis kereta api, tapi semenjak kuliah di TT, kalo ditanya cita-cita, jawabnya "Ahli Telekomunikasi" terus pengen kerjanya di Telk*m/ Indos*t/ Telk*msel. Ahli Telekomunikasi tuh yg gmn sih, terus kerjaan di operator2 gt ngapain sih!? waktu itu gw masih belum tau. Pokoknya kl ditanya cita2, jawabnya itu aja. ahahaha.

Terus juga katanya, Fakultas Elektro Komunikasi ini punya laboratorium yang terlengkap se-apa gitu, versi kabar burung. Terakhir yang gw tau 23 biji, ga tau sekarang karena ada beberapa lab riset baru, mungkin jumlahnya nambah lagi. Waktu itu gw pengen juga aktif di lab. Tapi lab apa sih yang on the track sama jurusan gw diantara sekian banyak lab tsb. Terus apa sih deferensiasi dari lab-lab yang ada itu!? Sampai akhirnya gw terdampar di lab Antena, as workshop team. Hehe.. Kenapa lab antena, ya karena waktu itu gw liat paling jelas, kl dibanding misalnya Dastran (Dasar Transmisi) apaan sih transmisi itu. Sistem Komunikasi, apaan sih sistem komunikasi itu. ahaha maaf buat tmn2 dastran, siskom, buat contoh becandaan aja. Kalo antena kan jelas, ada wujudnya. hehe..

Skip langsung tiba2 masuk di tahun ke tiga, setelah gladi, semester 5, baru deh kuliah-kuliahnya mulai agak menjurus sesuai jurusan. Tapi muncul tuh istilah-istilah baru, Transmisi, Jaringan, sama Pengolahan Sinyal. Nah lo, apaan lagi tuh. Sebenernya itu istilah peminatan, terutama mengarah ke Tugas Akhir dan kuliah-kuliah pilihan yang disediakan oleh Fakultas. Tapi waktu itu ya masih sebatas tau, ada istilah gituan, tapi transmisi itu yang gimana, jaringan, sinyal itu yang gimana, masih belum tau.

Di akhir tahun ketiga, sempet galau lagi, ciyehh galau. Mau KP dimana, kerjaanya apa. Tapi akhirnya dapet juga tempat KP. Tahun ke-empat?? Hmm, blm tau ada apa di tahun ke-empat. Tahun kelima?? moga gw ga  ngalamin tahun kelima di kampus ini, 4 tahun cukup.. Aamiin...

Balik lagi ke Episentrum..
Ya, Episentrum tahun ini, spesial banget buat temen-temen angkatan 2011. Terus ntar ngapain aja Episentrum? Gambarannya apa yang jadi kebingungan lo semua, terkait Jurusan, Gladi, KP, TA/PA, Riset, Lab, Prospek kerja semua bakal dibahas disini. Terus juga lo bakal lebih deket dengan temen-temen satu jurusan, temen-temen satu fakultas, Bapak/Ibu dosen dan pejabat  FEK. Dikemas secara menarik, menantang, dan mengakrabkan.


Oiya, kalo gw bilang sih ini bukan ospek fakultas, tapi pengenalan fakultas. Oke, selamat datang dari dunia TPB, selamat bergabung dengan kehidupan yang lebih FEK banget.


Stay Calm and Salam Dua Jari.. 
L(^.^) 

1 komentar: