Minggu, 19 Mei 2013

Re-Blow Chip VGA Toshiba Satellite L305D

Semalem, pas laptop dihidupin, layarnya ga mau nyala, tapi mesin sama kipasnya nyala. Gw hardreset terus dihidupin berkali-kali tetep ga mau nyala monitornya. langsung kepikiran ceritanya mas Fahmy yang pernah punya kasus sama. Doi juga pernah ngalamin beginian di laptopnya, ternyata yang masalah di chip VGA nya.
siangnya  langsung deh bongkar laptop, Dibantu mas Fahmy nge-blow Chip VGA nya. langkah-langkahnya:



1. Bongkar laptop

Tutorialnya bisa ditonton di sini  Yang perlu diperhatikan adalah jangan taruh sembarangan sekrup-sekrupnya. kalo perlu dikasih tanda sekrup untuk titik mana aja, itu sangat membantu pas masang ulang nanti.


2. Cari Chip VGA
kalo di laptop gw, vhipnya ada di posisi ini:

3. Proses Re Blow
Pertama-tama kita oleskan pasta fluk ke permukaan chip VGA agar panasnya merata ke seluruh permukaan chip. lalu siapkan solder uap/ blower/ hot air. kurang lebih di suhu yang sama panas sama korek api. lalu posisi blower tegak lurus dengan Chip,. Setelah 10 menit, tunggu chip dingin kurang lebih 3-5 menit, kemudan semprot lagi chip dengan blower kurang lebih 10 menit lagi. sesekali tekan chip denganpinset/ obeng, gunanya agar chip tidak bergeser.

4. Susun kembali laptop
Jika dirasa sudah cukup, tunggu sampai chip benar-benar dingin, lalu pasang kembali semua komponen seperti semula, dengan langkah kebalikan dari saat membongkar tadi. jangan lupa tambahkan Thermal pasta ke permukaan prosessor dan chip VGA sebelum dipasangi heatsink. pasang semua komponen dengar benar, dan jangan sampai ada kabel/ jumper yang terlewatkan.

5.Nyalakan laptop
jika proses re-blow berhasil maka Insyaallah laptop akan kembali seperti semula.


Sekian saja sharingnya, semoga bermanfaat.

3 komentar:

  1. itu kira2 bertahan lama gk mas? soalnya saya baca2 ada yg bilang klo re-blow hanya bertahan 1-2 bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal air flow nya kipas lancar bisa tahan lama mas. kalo airflow nya mampet/ kipas mati/ kipas kotor, bakal panas, solderan chip nya bisa rusak lagi, jd perlu di reblow lagi

      Hapus
  2. mas minta infonya dong yang jual chipset vga Toshiba Sattelite L305D dimana ya?

    BalasHapus